Skip to toolbar

Tips menyuruh orang lain tanpa menyinggung perasaan

Kita sebagai makhluk sosial dalam menjalani kehidupan ini pasti akan meminta bantuan orang lain untuk bertahan hidup. Walau hanya dalam hal kecil saja, tetap saja anda akan menyuruh orang lain untuk membantu anda. Mulai dari anggota keluarga, saudara, teman dan orang lain yang tidak anda kenal pun pasti membutuhkan bantuan. Maka dari itu anda jangan terlalu sombong dalam menjalani kehidupan. Jangan sampai anda meremehkan seseorang hanya karena status sosial.

Kita hidup di dunia ini tidak akan selalu dalam kondisi menyenangkan, pasti ada kalanya anda akan merasakan sedih dan membutuhkan bantuan. Saat anda membutuhkan bantuan pun  maka anda akan mencari orang terdekat anda untuk memberikan pertolongan. Walau anda memiliki hubungan yang sangat dekat dengan orang yang memberikan anda bantuan maka jangan sampai anda bersikap yang semaunya sendiri.

Pastikan anda meminta bantuan dengan etika yang baik dan tetap menjunjung tinggi sopan santun. Mengingat ketika anda minta bantuan dengan cara yang baik, pasti orang lain akan memberikan bantuan dengan senang hati. Namun berbeda lagi kalau anda meminta bantuan dengan seenaknya maka orang lain pun akan membantu anda dengan terpaksa. Bahkan ada yang tidak menghiraukan anda.

Cara yang Benar Menyuruh Orang Lain Tanpa Harus Melukai Perasaannya

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara yang benar saat meminta bantuan orang lain. Hal ini bertujuan agar yang memberi bantuan ikhlas dan senang hati membantu anda tanpa rasa menyinggung perasaan. Penasaran? Berikut ini penjelasannya:

  1. Melihat kondisi orang yang akan suruh untuk meminta bantuan

Saat ini memang anda sedang membutuhkan bantuan orang lain, namun anda juga perlu melihat kondisi orang tersebut. Apakah orang tersebut mampu membantu anda atau tidak? Jangan sampai anda memaksakan orang yang kondisinya lebih parah dari anda. Hal ini justru akan membebankan orang tersebut. Selain itu anda pun tidak mendapatkan apa-apa.

  1. Melihat waktu

Mungkin anda tidak tahu kapan anda akan membutuhkan bantuan, mengingat membutuhkan bantuan ini memang kapan saja bisa terjadi. Namun selama ini bukan sesuatu yang dadakan maka anda bisa memperhatikan waktu untuk menyuruh orang lain membantu anda. Jangan sampai anda meminta bantuan kepada orang yang kondisi moodnya lagi tidak baik, lagi sedih atau bahkan sedang sibuk bekerja. Jangan sampai anda dicap sebagai orang yang tidak tahu diri. Sehingga anda bisa menyuruh orang tapi harus tahu waktu, sehingga jangan sampai memaksakan orang lain.

  1. Jangan terlalu bertele-tele dalam minta bantuan

Langkah selanjutnya jangan sampai anda bertele-tele dalam menyuruh orang lain untuk membantu anda. Jangan sampai orang yang memberi bantuan ini menganggap kalau anda terlalu berlebihan dalam menjelaskan yang anda maksudkan. Jadi langsung tutup poin saja apa yang anda butuhkan sehingga orang yang akan membantu anda tidak bingung dengan yang anda maksudkan.

  1. Menggunakan bahasa yang sopan dan jangan lupa saat menyuruh mengucapkan minta tolong

Ketika anda menyuruh orang itu artinya anda sedang meminta bantuan kepada orang lain. Hal inilah yang membuat anda harus lebih sopan dalam berucap kepada orang lain. Jangan lupa juga mengucapkan minta tolong agar orang lain yang membantu anda tidak tersinggung.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika menyuruh orang lain untuk membantu anda tanpa menyinggung perasaan. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa membantu anda dalam bersikap yang sopan ketika menyuruh orang lain.

Related Articles