Skip to toolbar

Tips Mengatasi Demam Panggung Saat Pidato

Setiap orang pasti pernah merasakan grogi atau demam panggung ketika akan melakukan pidato. Walau hanya menyampaikan sambutan beberapa patah kata, ketika mau presentasi, dan aktivitas berbicara di depan orang banyak lainnya. Ketika anda grogi atau demam panggung ketika pidato bisa menyebabkan penampilan anda kurang maksimal.

Akibat demam panggung anda akan merasakan berbagai hal, mulai dari napas tidak teratur, materi yang akan anda sampaikan mendadak lupa, deg-degan, gemeteran dan tanpa disadari anda akan keluar keringat dingin. Selain itu anda juga akan merasa serba salah, tatapan mata tidak fokus dan masih banyak lainnya.

Pengertian Tentang Demam Panggung

Demam panggung merupakan merasa takut atau canggung ketika akan berhadapan dengan banyak orang. Sehingga ketika anda merasakan demam panggung akan merasa kurang tenang, bisa jadi anda akan gagap, tergesa-gesa, dan bingung untuk mengatur keadaan.

Banyak orang yang mengalami demam panggung ketika sedang berbicara di depan orang banyak. Terlebih bagi anda yang belum terbiasa untuk berbicara sendiri di depan umum. Sehingga ketika anda merasa gugup atau demam punggung maka anda tidak perlu berkecil hati karena banyak orang yang mengalaminya. Sehingga ketika banyak teman, biasanya rasa takut tersebut akan hilang.

Baiklah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara mudah untuk mengatasi demam panggung saat pidato. Namun sebelum membahas lebih jauh, maka anda perlu mengetahui dulu apa saja yang menyebabkan anda demam panggung ketika akan berpidato.

Penyebab utama anda mengalami demam panggung ketika pidato adalah kurangnya rasa percaya diri. Hal ini disebabkan adanya rasa takut salah yang berlebihan, takut kalau pembahasannya kurang menarik, dan takut ngeblank.

Rasa kurang percaya diri muncul ketika anda tidak melakukan persiapan apapun sebelum melakukan pidato. Akhirnya anda tidak bisa menguasai pembahasan sehingga bingung mau berbicara di panggung.

Nah, setelah anda mengetahui beberapa penyebab mengapa orang bisa demam panggung atau grogi ketika pidato. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai beberapa cara untuk mengatasi demam panggung saat pidato. Penasaran? Berikut ini penjelasannya :

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri
  2. Buang jauh-jauh rasa takut yang berlebihan

Berikutnya akan dijelaskan cara tepat untuk dilakukan agar diri anda memiliki rasa percaya diri yang bagus dan tidak takut lagi berbicara di depan umum:

  1. Melakukan persiapan yang matang dan latihan rutin

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri ketika berpidato adalah selalu mempersiapkan semuanya secara matang. Selain itu anda juga perlu latihan untuk berbicara di depan orang banyak secara rutin. Jadi siapa saja yang tidak pernah melakukan persiapan maka itu anda juga akan siap-siap untuk gagal.

Ketika saat ini anda masih merasa kurang nyaman untuk berbicara di depan maka buatlah senang agar anda bisa menjadi nyaman. Tentunya harus dilakukan dengan latihan secara rutin dan teratur.

  1. Menguasai materi yang akan disampaikan

Ketika anda melakukan persiapan pasti anda jaga akan menyiapkan materi yang akan disampaikan. Jangan sampai anda berbicara satu hal yang diri anda sendiri tidak memahaminya. Caranya cukup mudah yaitu dengan metode hafalan, catatan kecil, menggunakan alat bantu, dan naskah pelengkap.

Jadi agar anda bisa mengatasi demam panggung saat pidato maka silahkan melakukan persiapan yang matang. Kemudian anda perlu melakukan latihan dengan rutin dan pastinya anda menguasai materi yang akan anda sampaikan. Gugup dan demam panggung terjadi karena anda belum siap.

 

Related Articles