Skip to toolbar

Tips agar dipercaya bawahan

Apabila anda merupakan seorang atasan atau bos maka anda juga harus mampu memberikan kepercayaan kepada para bawahan anda. Kita ketahui bersama kalau kepercayaan merupakan salah satu yang harus didapatkan oleh seorang bos agar bisa memimpin bawahannya dengan baik dan lebih efektif.

Pastinya seorang karyawan yang mendapatkan kepercayaan atasa maka ini membuatnya bekerja lebih giat dan sungguh-sungguh. Hal inilah yang membuat kepercayaan dari bawahan ke atasan adalah sesuatu yang sangat berharga. Namun kepercayaan seseorang itu tidak bisa dibeli, jadi untuk mendapatkannya anda harus berjuang dan bersikap lebih profesional.

Tips Mendapatkan Kepercayaan dari Karyawan

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cata agar anda sebagai atasan mendapatkan kepercayaan dari semua karyawannya. Selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini :

  1. Jangan mudah untuk menyalahkan karyawan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan agar mendapatkan kepercayaan dari karyawan adalah tidak mudah untuk menyalahkan sesuatu kepada karyawan. Tentunya dalam setiap menjalankan sesuatu anda harus berani akan resiko yang akan ditanggung. Selain itu menyalahkan orang lain sebagai penyebab kegagalan itu akan memperburuk anda sebagai pimpinan. Hal ini menyebabkan anda di mata karyawan adalah pemimpin yang tidak bisa dipercaya.

  1. Berani mengambil keputusan

Ujian terberat sebagai seorang atasan adalah ketika sedang menghadapi masa kritis. Dalam hal ini anda sebagai pemimpin harus menjadi benteng dari semua masalah anda. Pastinya anda akan menghitung total kerugian dan berani untuk menghadapi masalah tersebut. Sikap inilah yang akhirnya membuat para karyawan kagum dengan anda.

  1. Gigih dalam mencapai target bisnis

Kunci dari kesuksesan adalah terus maju untuk berusaha. Jadi tetaplah berjalan untuk mencapai semua target tujuan anda. Jangan sampai mudah menyerah akan segala hambatan yang ada. Menjalin komunikasi dengan bawahan untuk tetap sabar dan gigih dalam menghadapi berbagai masalah.

  1. Mengakui kalau mengalami kegagalan

Pastinya anda tidak ingin merasakan kegagalan dalam bekerja. Memang ada beberapa pemimpin yang berusaha untuk menutupi kegagalan tersebut. Mulai dari memanipulasi data  untuk terlihat berhasil. Tentunya ini membuat para karyawan merasa kurang percaya dengan anda. Salah satu hal yang lebih disukai oleh para bawahan adalah lebih baik mengakui dan menerima akan kegagalan yang terjadi.

Jadi dengan mengakui kegagalan tersebut, membuat anda bersama tim akan berusaha untuk memperbaiki kualitas diri dalam bekerja.

  1. Mendengarkan masukan dari bawahan

Apabila anda sebagai bos ingin dipercaya dan disenangi oleh bawahan maka anda harus mau mendengarkan apa saja dari bawahan. Mulai dari kritik dan masukan untuk perkembangan perusahaan anda. Sehingga dengan begitu komunikasi anda dengan bawahan bisa lancar. Tentunya ini akan berdampak pada semakin meningkatnya produktivitas dalam bekerja.

  1. Ikut bekerja

Sebagai bas jangan hanya diam saja, alangkah baiknya kalau anda mau terjun ikut bekerjasama untuk mewujudkan visi dan misi dalam bekerja. Tentunya ketika anda berada ditengah-tengah para karyawan maka ikatan anda akan lebih kuat. Hasil kerja pun lebih maksimal.

  1. Memberikan pujian atas keberhasilan

Jangan lupa sebagai bos anda jangan sampai pelit akan pujian atas berbagai keberhasilan para bawahan anda. Silahkan tunjukkan berbagai pujian tersebut di depan orang banyak. Pastikan pujian itu baik dan benar. Sehingga bisa menambah motivasi dalam bekerja lebih baik.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan oleh bos agar dipercaya oleh bawahan. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda akan dunia kerja.

Related Articles