Skip to toolbar

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja

Apakah saat ini anda sedang menjalani persiapan untuk melakukan wawancara kerja? Jadi anda perlu menyiapkan berbagai dokumen penting dan portofolio. Namun ada satu hal yang lebih penting lagi agar anda lebih matang dalam mempersiapkan diri yaitu menyiapkan pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak perekrut.

Wawancara kerja merupakan langkah awal yang perlu anda lalui kalau anda ingin mendapatkan pekerjaan baru. Pada tahap ini banyak orang yang merasa deg-deg bahkan stres karena takut gagal ketika wawancara. Ketakutan ini akhirnya membuat mereka kurang maksimal saat melakukan wawancara.

Salah satu caranya adalah anda perlu belajar mengenai berbagai contoh pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja. Ketika anda sudah menyiapkan secara matang maka anda akan lebih percaya diri dalam menjawab satu persatu pertanyaan dengan lancar. Tentunya itu semua anda harus belajar dulu agar proses wawancara anda bisa berjalan dengan lancar.

Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Wawancara Kerja

Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja. Penasaran? Berikut ini penjelasannya :

  1. Pertanyaan tentang diri sendiri

Pertanyaan ini memang terlihat sangat sederhana, namun banyak orang yang tidak sadar akan adanya pertanyaan tersebut. Akhirnya banyak yang belum mempersiapkannya. Sehingga pertanyaan ini anda perlu siapkan agar jawaban anda lebih meyakinkan dan ini pasti berpengaruh pada tingkat percaya diri anda. Ketika percaya diri anda sudah meningkat anda akan lebih mudah menjawab pertanyaan selanjutnya.

Pastikan anda menjelaskan diri anda secara singkat dengan bahasa yang menarik. Satu hal yang paling penting adalah silahkan tunjukkan kalau anda memang pantas untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

  1. Dari mana tahu lowongan pekerjaan di sini?

Ketika anda menerima pertanyaan ini, maka anda jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjawab semaksimal mungkin. Mengingat ini peluang anda untuk menunjukkan ketertarikan anda bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu anda bisa menunjukkan koneksi anda yang ada di perusahaan tersebut.

  1. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan

Inilah pentingnya persiapan, sehingga sebelum anda melakukan sesi wawancara anda pastikan sudah tahu tentang perusahaan tersebut. Ketika ada pertanyaan ini maka anda akan lebih mudah dalam menjawab dengan baik. pastikan anda tahu akan visi dan misi perusahaan tersebut sehingga anda pantas untuk diterima kerja.

  1. Mengapa anda tertarik untuk bekerja disini?

Perlu anda ingat, pihak perusahaan ingin mencari mereka yang memang semangat dalam bekerja sesuai lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Anda pun disini harus menjelaskan alasan anda tertarik posisi tersebut. Silahkan ceritakan kunci yang menjadi daya tarik anda untuk bekerja di posisi tersebut.

  1. Mengapa harus merekrut anda?

Pertanyaan ini anda harus bisa memahaminya dengan cermat. Kuncinya anda harus bisa menjelaskan kemampuan yang anda miliki dan pantas untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan bicara saja, anda pun harus bisa membuktikannya dengan hasil yang memuaskan. Anda pun perlu mencocokkan budayamu dengan perusahaan.

  1. Apa saja kekuatan terbesar yang anda miliki?

Saat anda mencoba untuk menjawab pertanyaan ini maka anda harus benar-benar menjelaskan apa saja kekuatan dan kemampuan anda yang sebenarnya. Anda juga bisa memberikan contoh ketika di pekerjaan yang sebelumnya atau anda bisa menceritakan pengalaman anda sebelumnya.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa membantu anda untuk mempersiapkan secara matang sesi wawancara kerja agar lancar dan bisa menjawab lugas dan pastinya sangat meyakinkan.

Related Articles