Skip to toolbar

Cara yang bisa kita lakukan agar gemar membaca

Aktivitas membaca merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Ada juga sebagian orang yang menganggap aktivitas membaca adalah sesuatu yang dihindari. Hal ini terjadi karena mereka malas untuk membaca sesuatu. Padahal kita ketahui bersama kalau setiap negara-negara yang sudah maju pasti memiliki kualitas membaca yang lebih baik dibandingkan dengan negara lainya.

Terdapat sebuah berita yang menyebutkan kalau orang Indonesia itu memiliki indek membaca 0,001. Informasi ini menyebutkan kalau masyarakat Indonesia yang memiliki minat baca yang tinggi hanya satu saja. Semoga sekarang data itu sudah meningkat seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya membaca.

Kita sendiri bisa bandingkan dengan negara Singapura yang memiliki minat baca 0,55 dan Amerika sendiri memiliki minat baca 0,45. Selain itu ada Jepang yang memiliki indek membaca 17,00. Nah, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh UNESCO negara Indonesia menjadi negara dengan urutan 38 dari jumlah total 39 negara di ASEAN yang memiliki minat membaca yang rendah.

Sehingga salah satu kunci yang paling dasar dan sangat sederhana agar suatu negara itu bisa maju adalah memiliki kegemaran dalam membaca. Nah, agar seseorang mau membaca itu bagaimana caranya? Orang yang awalnya malas membaca menjadi gemar dan ketagihan untuk membaca itu bagaimana?

Cara Agar Suka dan Ketagihan Membaca

Apabila saat ini anda mencari informasi mengenai cara yang mudah agar seseorang memiliki kesukaan dalam membaca, silahkan simak pembahasan berikut ini :

  1. Menyiapkan waktu khusus untuk membaca

Seseorang kalau ingin berubah lebih baik maka harus mau berusaha untuk mewujudkannya. Bagi anda yang awalnya memang tidak suka membaca maka anda harus berusaha lebih keras dan konsisten. Salah satunya anda bisa menerapkan sekitar 15 menit khusus untuk membaca setiap hari.

Seiring berjalannya waktu aktivitas membaca anda akan menjadi sebuah kebiasaan baik yang bermanfaat untuk menambah kualitas diri. Pada tahap awal anda bisa mengalokasikan waktu 10 sampai 15 menit secara rutin dan konsisten. Kemudian seiring berjalannya waktu anda bisa menambah durasi waktu dalam membaca.

  1. Membeli buku seminggu sekali

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pastinya anda harus berkorban akan hal tersebut. Anda bisa korbankan uang untuk membeli berbagai buku yang berkualitas. Tentunya dengan adanya buku tersebut anda pun bebas mau membaca atau tidak. Seiring anda membeli buku setiap minggu, sehingga akhirnya membuat anda terpaksa untuk membacanya.

  1. Memanfaatkan waktu menunggu

Ketika anda sedang menunggu teman, menunggu bis, dan berbagai aktivitas menunggu, maka anda bisa aktivitas menunggu anda sambil membaca buku. Tentu ini akan lebih bermanfaat untuk anda mendapatkan wawasan yang lebih luas.

  1. Membuat list buku yang rekomendasi dan populer

Salah satu hal yang membuat orang tidak mau membaca buku adalah tidak tertarik dengan isi buku tersebut. Maka dari itu untuk mengatasi masalah ini anda pun bisa meminta bantuan guru atau dosen anda dalam meminta beberapa list buku yang recomended banget.

  1. Membaca ketika mau istirahat tidur

Selain memilih rekomendasi buku yang populer anda juga bisa menyempatkan membaca ketika sebelum tidur. Ketika anda memiliki banyak waktu untuk bekerja maka anda bisa menyempatkan membaca sebelum istirahat tidur.

  1. Membuat target dalam membaca

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan agar gemar membaca adalah membuat rencana membaca. Jadi silahkan membuat daftar buku apa saja yang akan anda baca sampai tamat. Anda bisa menargetkan bisa tamat 3 sampai 5 buku dalam satu bulan.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda gunakan agar anda bisa lebih gemar dalam membaca. Mengingat tidak ada ruginya menjadi gemar membaca, justru dengan membaca anda akan memiliki wawasan yang lebih luas.

Related Articles