Skip to toolbar

Cara memotivasi Team kita agar tetap semangat

Seberat apapun pekerjaan, apabila dikerjakan bersama-sama dengan team tentu akan lebih terasa mudah dan ringan dibanding harus bekerja sendirian. Selain itu, kehadiran teman-teman dalam satu team juga dapat mengefektifkan pendelegasian tugas. Namun, apabila ada anggota team Anda sedang down karena berbagai hal, misalnya saja target pekerjaan, maka Anda sebagai pimpinan harus bisa berperan sebagai seorang moodbooster. Yuk, simak cara memotivasi team kita agar lebih semangat dalam bekerja pada artikel berikut ini.

Cara Memotivasi Team Agar Lebih Semangat

Hal yang paling tidak menyenangkan ketika berada di sebuah team adalah ketika ada yang ingin meninggalkan team tersebut. Sebagai satu kesatuan yang bertempur setiap hari, tentu perasaan susah dan senang sudah Anda dan rekan habiskan bersama-sama. Nah, ketika ada seseorang di dalam team atau bahkan keseluruhan anggota team sedang mengalami down akibat berbagai permasalahan, maka Anda selaku pimpinan harus menyemangati tim Anda.

Anda tidak perlu mengeluarkan kata-kata mutiara layaknya para motivator terkenal. Tidak, Anda cukup menjadi diri Anda, menjadi “teman” anggota tim Anda, dan bertindak menjadi seorang moodbooster. Dijamin, teman-teman Anda dalam satu tim akan berpikir ulang jika ingin keluar. Mereka yang sedih pun juga akan bangkit semangat kembali. Lalu, bagaimana cara menjadi seorang moodboster yang baik dalam memberi motivasi semangat kepada team?

  1. Ingatkan Kembali Visi dan Misi Team Anda

Pertama, Anda harus mengingatkan kembali kepada para anggota team Anda tentang visi dan misi yang telah kalian sepakati di awal. Sekiranya, sudah banyak usaha dan waktu yang team berikan untuk mewujudkan tujuan team. Oleh karena itu, dengan mengingatkan kembali akan visi dan misi yang hendak dicapai, maka hal ini bisa menjadi cara terbaik menyemangati team Anda.

  1. Dengarkan Ide Baru dari Anggota Team Anda

Kedua, sebagai pemimpin Anda harus mau mendengarkan dan jangan terus meminta pendapat Anda diterima. Team selalu mengutamakan kerjasama kelompok. Ketika suara dalam team dibungkam dan tidak didengar, maka anggota tidak akan semangat dalam bekerja. Oleh karena itu, Anda harus mau mendengarkan dan mempertimbangkan ide-ide terbaik dari para anggota team Anda.

  1. Bangun Hubungan Baik Antar Sesama Anggota

Ketiga, atasan dan anggota dalam team harus membangun hubungan baik. Artinya, secara pribadi Anda harus bisa menjalin ikatan antar sesama anggota team. Cara termudah adalah dengan saling bercerita ketika ada waktu luang. Ajak anggota team ke cafe terdekat dan ngopi bersama. Dengan begitu, semangat anggota team akan lebih meningkat.

  1. Perlakukan Semua Anggota Tim dengan Adil

Memperlakukan semua anggota team dengan adil juga bisa menjadi cara menyemangati team. Pasalnya, hal ini bisa menjadi anggapan bahwa sebagai pemimpin, Anda menghargai seluruh anggota team dan tidak membeda-bedakan mereka dengan alasan khusus.

  1. Berikan Apresiasi Ketika Ada Capaian Prestasi

Terakhir, Anda harus mau memberi apresiasi kepada anggota team ketika mereka mencapai suatu prestasi. Apresiasi bisa berupa ucapan selamat, sertifikat penghargaan, hingga insentif atau bonus gaji. Bisa juga apresiasi diberikan berupa tambah jatah cuti, hadiah liburan, hingga hal-hal lainnya.

Demikian ulasan mengenai 5 cara memotivasi tim Anda agar mencapai hasil yang diinginkan. Sebagai pemimpin team, Anda harus tahu cara terbaik untuk memotivasi anggota Anda agar produktivitas dan kinerja team juga turut meningkat. Tentunya, hal ini juga akan kembali berdampak baik pada reputasi team Anda. Semoga ulasannya bermanfaat dan memberi inspirasi pada Anda.

Related Articles