Skip to toolbar

Cara efektif menghadapi atasan dalam bekerja

Tidak semua orang itu beruntung dan mendapatkan seorang atasan yang begitu sempurna. Terdapat banyak jenis karakter seorang atasan di tempat bekerja dan mau tidak mau sebagai karyawan pasti akan menghadapinya. Tapi tidak perlu khawatir berikut akan diulas mengenai cara efektif dalam menghadapi atasan saat bekerja.

Inilah 5 Cara Efektif Menghadapi Atasan dalam Bekerja

  1. Tipe atasan santai

Hari Senin sampai dengan hari Jumat merupakan hari kerja pada umumnya. Tetapi, berbeda bagi seorang atasan dengan tipe yang santai. Biasanya, atasan dengan tipe ini akan pura-pura sok sibuk di hari Senin sampa dengan Kamis, namun sebenarnya segala kesibukan yang dilakukannya tidak bermakna. Nah, di saat hari Jumat telah tiba baru atasan tipe yang satu ini akan kalang kabut dengan segala pekerjaan yang dibiarkan menumpuk begitu saja. mungkin akan terasa menyebalkan sekali memiliki tipe atasan seperti yang satu ini. tapi jangan dulu merasa kesal, tangkap peluang dari tipe atasan yang hobi bermalas-malasan. Cobalah untuk menawarkan dirimu untuk menghandle proyek yang sedang dikerjakan. Tentunya atasan akan dengan senang hati memberikan pekerjaannya kepadamu. Dengan cara tersebut otomatis daftar pengalaman kerja di dalam CV akan semakin bertambah. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan kesempatan untuk naik jabatan bisa dengan mudah di dapatkan.

  1. Tipe atasan egois

Tipe atasan yang satu ini seringkali membuat aturan dan memberlakukannya hanya untuk karyawannya saja. Tetapi bagi dirinya peraturan yang dibuat tidaklah berlaku. Bagi siapa saja yang memiliki atasan dengan tipe ini jangan pernah merasa kehabisan cara untuk menghadapinya. Jangan pernah ragu untuk menolak, jika memang atasan bertindak egois dengan hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja. Karena sejatinya berkerja dalam sebuah tim itu diperlukan kehadiran seorang pimpinan yang mengayomi bukan yang bertindak seenaknya sendiri.

  1. Tipe atasan pendikte

Atasan dengan tipe ini cenderung akan sangat merepotkan. Karena semua hal harus sesuai dengan semua keinginannya. Dan apabila sampai terjadi kesalahan pasti akan diprotes secara terus menerus. Untuk menghadapi atasan tipe ini gunakan cara yaitu dengan memberikan masukan dan juga ide yang menarik dan belum ada sebelumnya. Berpikirlah dengan cara yang berbeda dengan tetap berorientasi pada hasil yang maksimal. Yakinkan juga atasan bahwa dirimu dan juga tim yang bekerja dapat dengan baik dalam menghandle proyek yang dijalankan.

  1. Tipe atasan pembully

Tidak ada orang yang suka di bully pastinya. Memiliki atasan dengan tipe pembully tentu bukan hal yang menyenangkan. Atasan dengan tipe ini biasanya sering mengucapkan kata-kata yang pedas dan dapat membuat siapapun yang mendengarnya menjadi kehilangan semangat dalam bekerja. Untuk dapat menghadapi atasan yang seperti ini diperlukan jiwa yang tahan banting dan kesabaran yang berlebih. Dengan catatan apa yang dilakukan oleh atasan masih dibatas wajar. Tetapi apabila tindakan yang dilakukannya sudah berlebihan jangan ragu untuk mengajukan resign. Karena bagaimanapun seseorang karyawan berhak mendapatkan lingkungan dan juga pekerjaan yang baik.

  1. Tipe atasan tebar pesona

Mungkin risih rasanya memiliki atasan yang punya hobi tebar pesona. Semua pekerjaan diberikan begitu saja kepada para karyawan. Bahkan seorang atsan dengan tipe ini biasanya tidak segan-segan hany mendompleng nama tas segala kerja keras yang telah dilakukan oleh para karyawannya. Tidak perlu menggunakan emosi dalam menghadapi atasan dengan tipe ini. Bicarakan secara baik-baik dengan atasan mengenai proses dan kerja keras yang telah dilalui dirimu dan juga tim. Katakan bahwa semua pekerjaan juga memerlukan keterlibatan seorang atasan.

Nah, itulah 5 cara efektif menghadapi atasan dalam bekerja. Jangan dulu emosi dalam menghadapi seorang atasan dan gunakan cara yang efektif untuk menghadapinya.

Related Articles