Skip to toolbar

Cara agar bisa bekerjasama dengan teman satu team

Jika sebuah pekerjaan ingin cepat selesai dengan hasil maksimal dan waktu yang efektif, maka Anda bisa mengandalkan kerjasama team. Namun, bagaimana jika team Anda tidak bisa saling akur, apalagi bekerjasama? Tentunya, hal ini akan membawa dampak buruk pada kinerja team Anda dan juga perusahaan. Bukan tidak mungkin, team Anda akan kena marah dan membuat prestasi Anda menurun. Untuk itu, yuk simak cara agar bisa bekerjasama dengan teman satu team berikut ini.

Cara Mudah Bekerjasama dengan Teman Satu Team

Ketika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan, biasanya Anda akan dibagi dalam masing-masing divisi / departemen. Anda juga akan diberi pekerjaan dengan target yang mana mempengaruhi seluruh divisi tersebut. Oleh karena itu, perusahaan membuat Anda dalam satu team untuk bisa bekerjasama mencapai target. Jadi, bisa Anda bayangkan jika di dalam team tersebut tidak bisa bekerjasama dengan baik. Nah, untuk mencegahnya dan untuk membangun team yang solid serta efektif, kira-kira hal apa yang bisa Anda lakukan?

  1. Membangun Kepercayaan dan Saling Menghormati

Pertama, orang-orang dalam sesama team harus saling membangun kepercayaan dan saling menghormati. Dengan menanamkan dua hal ini pada tiap-tiap individu di dalam team, maka kerjasama team akan menguat. Selain itu, hal ini setidaknya juga tidak akan ada sifat sok superior atau sikap meremehkan. Semua orang justru akan saling bahu-membahu untuk menjadikan performa team mereka terbaik.

  1. Leader Harus Bisa Menjembatani Komunikasi Antar Anggota Team

Di dalam sebuah team pasti ada pimpinan / leader. Nah, tugas pimpinan inilah yang harus menjembatani komunikasi antar anggota team. Seorang pemimpin tidak boleh pilih kasih dan hanya mendelegasikan tugas-tugas tertentu kepada orang-orang kesukaannya saja. ia harus berlaku adil agar semua anggota team merasa diperlakukan sama dan diberi kesempatan yang sama. Hal ini dijamin menciptakan atmosfer yang baik dan komunikasi yang terbuka di dalam team.

  1. Tanamkan Sense of Belonging

Ketika sebuah team menanamkan sikap saling memiliki atau bahasa kerennya adalah sense of belonging, maka tidak akan ada lagi egoisme. Semua akan merasa bahwa tujuan grup adalah yang paling utama untuk dicapai dan berkomitmen untuk mewujudkannya.

  1. Lakukan Evaluasi dan Feedback untuk Performa Team

Terakhir, Anda dan team harus senantiasa melakukan evaluasi terkait performa team. Selain itu, Anda dan team juga harus saling memberi feedback membangun untuk lebih meningkatkan kerjasama team. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan masing-masing individu dan untuk lebih efektif dalam pendelegasian tugas. Dengan begitu, maka performa Anda akan berada di luar ekspektasi dan tujuan team bisa dicapai.

  1. Apreasi Anggota Team yang Berhasil

Di dalam mencapai tujuan sebuah team, pasti akan ada yang paling menonjol. Untuk itu jika bukan Anda orangnya, jangan berkecil hati. Justru sebaliknya, Anda harus mengapreasi anggota team tersebut dengan memberi ucapan selamat dan pelukan hangat. Pacu diri Anda agar bisa lebih baik ke depannya.

Namun jika Anda yang mendapat apresiasi tersebut, maka terima dengan rendah hati dan jangan berlebihan dalam euforia. Selain itu, Anda juga jangan berlaku sombong agar tidak menyebabkan rasa iri anggota lain. Bergembiralah sebentar dan mulai bekerjasama lagi dalam mencapai tujuan baru divisi Anda secara bersama-sama.

Demikian ulasan mengenai cara agar teman dalam satu team bisa saling bekerjasama dan saling membantu untuk mencapai target divisi. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda yang tengah mengalami kesulitan adaptasi dengan teman satu team. Semangat ya!

Related Articles